Seperti apa metode mengenalkan musik pada anak yang efektif? Ini adalah pertanyaan yang banyak dipertanyakan oleh sebagian besar orang tua di Indonesia. Mengapa? Karena memiliki keahlian di bidang musik akan sangat bermanfaat bagi kehidupan si kecil kelak. Jadi, jangan heran jika banyak orang mencari informasi ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, musik sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Musik menjadi salah satu hiburan di kala stres datang. Dengan keahlian di bidang ini, diharapkan kelak anak lebih mudah bahagia dan terhindar dari perasaan stress yang berkepanjangan. Oleh karena itu, belajar musik untuk anak usia dini cukup penting.

BACA JUGA: Apa Saja Mainan yang Membuat Anak Cerdas? Ini Jawabannya

5 Metode Mengenalkan Musik Pada Anak yang Efektif

Untuk mengajak anak-anak mencintai musik, Moms harus punya metode tersendiri yang efektif. Anak-anak, khususnya balita, pada dasarnya memang suka belajar. Cara mengenalkan alat musik pada anak bisa dimulai lewat permainan. Seperti apa metode yang tepat mengenalkan musik pada anak? Simak poin-poin berikut.

1. Ketahui Usia Tepat Mengenalkan Musik pada Anak

Langkah pertama yang Moms harus lakukan adalah mengetahui tahapan proses anak usia dini mengenal musik. Kemampuan belajar musik si kecil sudah mulai aktif saat usia mereka menginjak 2 tahun. Pada usia ini, saraf otak si kecil sudah mulai matang untuk belajar musik. Belajar tentang musik atau alat musik bisa dimulai dari usia ini.

2. Asah Kepekaan Musikal Si Kecil

Secara garis besar, music terdiri dari lima unsuk utama, yakni nada, notasi, ritme, melodi, dan harmoni. Kepekaan musikal anak bisa dilatih melalui permainan. Bermain sambil belajar memang masih jadi cara paling efektif untuk anak. Moms bisa mulai dengan memberikan mainan-mainan untuk mengeksplorasi bunyi seperti triangle, tambourine, atau alat perkusi sederhana lainnya.

Moms harus tahu bahwa mengasah kepekaan anak terhadap musik tidak hanya bertujuan untuk mencetak anak-anak menjadi seorang pemusik. Kepekaan terhadap musik juga bisa membantu anak berekspresi dengan lebih baik. Proses belajar musik pada anak usia dini juga sangat bermanfaat untuk kematangan emosional mereka.

3. Membawa Anak ke Pertunjukan Musik

Supaya anak-anak lebih antusias dalam belajar musik, sesekali Moms bisa membawanya ke pertunjukan musik atau orkestra. Saat menyaksikan para musisi sedang bermain, cobalah untuk memancing ketertarikan anak. Motivasi mereka untuk tertarik menjadi seperti musisi yang saat ini sedang mereka tonton. Ini bisa jadi metode mengenalkan musik pada anak yang efektif.

BACA JUGA: Ajak Si Kecil ke Playground di Jakarta Ini, Yuk!

4. Ajak Anak Mencintai Musik dengan Cara yang Menyenangkan

Supaya anak tidak merasa tertekan atau terbebani, Moms jangan pernah memaksa anak untuk bermain musik, ya. Ajak anak mencintai musik dengan cara menyenangkan. Biarkan anak memainkan alat musik anak TK dengan bebas. Cara yang menyenangkan akan membuat mereka terus tertarik untuk belajar lebih giat seputar musik.

5. Mengajak Anak Mengikuti Kelas Musik

Saat Moms sudah kewalahan menjadi fasilitator musik si kecil, Moms bisa mengajak anak untuk mengikuti kelas musik. Sebelum itu, pastikan usia si kecil sudah cukup untuk belajar musik di kelas musik ya. Pada umumnya, kelas musik untuk anak-anak dibuka untuk anak usia 4 tahun. Dengan belajar melalui ahlinya, siapa tahu si kecil bisa menjadi musisi terkenal di kemudian hari.

Demikian adalah 5 metode mengenalkan musik pada anak yang efektif dan wajib Moms coba. Yuk aplikasikan metode ini pada si kecil.

Leave a Comment

%d bloggers like this: