Tahapan berjalan tidak mudah dilakukan karena si kecil memerlukan kemampuan fisik, mental, keberanian, dukungan orang tua serta lingkungan sekitar untuk memberikan stimulus yang tepat. Selain itu, proses si kecil dapat berjalan juga dipengaruhi oleh pertumbuhan otot dan syaraf tulang yang telah sempurna. Nah, berikut ini ada beberapa alat bantu jalan bayi yang tujuannya untuk memudahkan latihan berjalan si kecil sehingga lebih menyenangkan. 

BACA JUGA: Tips Aman Melatih Bayi Berenang dengan Nyaman

Rekomendasi 3 Alat Bantu Jalan Bayi Terbaik

Ada 3 alat yang efektif untuk digunakan si kecil latihan berjalan supaya lebih menyenangkan. Simak yuk Moms!

1. Baby Moon Walk

Alat bantu jalan yang pertama bernama Baby Moon Walk yang memudahkan Moms dalam melatih jalan si kecil tanpa harus membungkuk untuk memegang tangan atau badannya. Bentuk alatnya sederhana, yaitu berupa tali yang ujungnya terdapat pengait yang dipasangkan pada selangkangan dan badan si kecil supaya aman. 

2. Baby Push Walker

Baby Push Walker dengan Baby Walker memiliki perbedaan antara keduanya. Perbedaan tersebut terdapat pada cara pemakaian dimana Baby Walker menggunakan bantuan roda, sedangkan Baby Push Walker membuat si kecil dapat latihan berjalan ketika mendorong mainannya.

Moms tentu tidak asing dengan trolley belanjaan, bukan? Nah, cara kerja alat bantu jalan bayi ini mirip dengan trolley Moms. Namun, Moms harus selalu mendampingi si kecil saat memainkan alat ini karena tubuhnya yang masih belum seimbang dan harus tetap mendapat pengawasan penuh.

BACA JUGA: Ini Metode Mengenalkan Musik Pada Anak yang Wajib Dicoba

3. Funky Footprints

Untuk alat bantu jalan yang ketiga ini bernama Funky Footprints yang berupa tapak kaki berwarna warni dengan dilengkapi lampu dan suara musik. Cara kerjanya adalah si kecil akan merangkak dan berjalan di atasnya. Selain itu, setiap pijakan akan mengeluarkan suara musik dan lampu yang bersinar sehingga membuat si kecil bersemangat untuk menyelesaikan tapak demi tapak.

Pro Kontra Penggunaan Alat Bantu Jalan ‘Baby Walker’

Moms ingin sekali si kecil dapat bisa berjalan terutama jika teman-teman seusianya sudah melewati tahapan tersebut. Akan tetapi, perlukah penggunaan alat bantu jalan Baby Walker? Untuk alat bantu Baby Walker memang masih ada pro kontra. Banyak pakar yang tidak menyarankan Moms menggunakan alat bantu jalan dengan Baby Walker.

Menurut penelitian, penggunaan Baby Walker membuat si kecil menjadi lebih lambat dalam tahapan berjalannya. Bahkan, jalannya bisa sebulan lebih lambat daripada yang tidak memakai Baby Walker. Meski penggunaan Baby Walker ini dapat memudahkan si kecil eksplorasi ketika fisiknya belum siap, akan tetapi pola gerakan si kecil menjadi tidak biasa. Selain itu, kontrol ototnya juga menjadi lebih lambat.

Cara belajar berjalan si kecil adalah dengan mengamati dan memahami bagaimana kaki dan telapaknya bergerak. Sedangkan saat menggunakan Baby Walker, si kecil tidak dapat melihat gerakan kaki serta telapak kakinya karena adanya tray di depannya. Si kecil tidak bisa mengamati tubuhnya bagian bawah saat bergerak serta tidak dapat mempelajari perkembangan motoriknya.

Tiga rekomendasi alat bantu jalan bayi di atas bisa Moms gunakan untuk melatih si kecil saat tahapan berjalan. Namun, usahakan tidak menggunakan Baby Walker ya, Moms. Selain itu, Moms juga harus mengerti jika setiap anak memiliki kemampuan berjalan yang berbeda-beda, yaitu bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: