Mainan untuk bayi bisa dikatakan tidak murah. Harga yang di bawah seratus ribu saja, cukup sulit ditemukan. Di sisi lain, bayi umur satu tahun sudah mulai senang bermain. Untuk itu, ada baiknya Moms mencoba ide permainan bayi 1 tahun berikut ini. Siapa tahu berhasil.

1. Botol Kocok Warna Warni

Di rumah pasti Moms memiliki botol minuman bekas yang sudah tidak terpakai. Usahakan, botol tersebut bukan botol kaca ya, Moms. Sebab, botol kaca akan rentan pecah saat dimainkan oleh bayi. Pilih botol plastik yang bening dengan ukuran kecil saja. Jangan botol yang ukurannya besar.

Botol tersebut bisa Moms isi dengan kancing baju. Tambahkan juga pom-pom warna-warni untuk membuat mainan terlihat semakin menarik. Pasalnya warna-warna mencolok akan membuat bayi lebih tertarik dengan mainan yang Moms buat.

Bagaimana cara memainkannya? Moms cukup menggerakkan botol tersebut agar ada suara yang keluar dari sana. Moms juga bisa menyembunyikan botol tersebut di balik kain seraya membunyikannya. Bayi pasti akan mencari asal suara itu dan tertawa-tawa saat menemukannya.

2. Menata Balok

Moms bisa memanfaatkan kotak kemasan produk untuk mainan. Tetapi, pastikan dulu, kotak kemasan tersebut aman jika sewaktu-waktu bayi menggigit atau memasukkannya ke dalam mulut. Ajari bayi menyusun kotak kemasan tersebut hingga tinggi.

Permainan ini tidak hanya seru untuk dimainkan, tetapi juga mampu meningkatkan kecerdasan bayi. Permainan ini juga mampu mengasah kemampuan bayi memecahkan masalah.

Bagaimana jika Moms tidak memiliki kotak kemasan? Tenang saja, Moms bisa mengganti kotak kemasan dengan toples plastik bekas atau hal-hal lain yang bisa disusun. Tetapi, Moms tetap harus memastikan, benda-benda tersebut aman untuk bayi dan tidak akan melukainya.

BACA JUGA: 6 Mainan Edukasi untuk Anak Balita yang Aman

3. Bermain Air

Air adalah salah satu ide permainan bayi 1 tahun yang paling bisa Moms pilih. Efek paling pasti memang basah. Tetapi, rasa bahagia yang tampak dari raut wajah bayi saat memainkannya, tentu membuat Moms ikut merasakan kebahagiaan juga.

Bermain air adalah salah satu permainan yang edukatif. Pasalnya, bermain air bisa menjadi media untuk mengajarkan ukuran. Moms bisa mengajarkan bayi tentang besar dan kecil lewat air.

Bagaimana caranya? Ambil dua cangkir dengan ukuran berbeda. Isi cangkir yang besar dengan air hingga penuh. Lalu, tumpahkan air tersebut untuk mengisi cangkir yang kecil. Biarkan air meluber dari bibir cangkir yang kecil. Moms pasti melihat bayi Moms tertawa-tawa. Sebab, luberan air dari cangkir kecil terlihat sangat menyenangkan.

4. Bermain Bola

Selain air, bola adalah mainan yang cukup mudah Moms temukan. Harganya pun relatif tidak mahal. Bahkan jika mau, Moms bisa meremas koran bekas dan menjadikannya bola. Gunakan bola tersebut untuk bermain dengan bayi.

Caranya dengan melempar bola tersebut kepada bayi atau menggelindingkannya. Lalu minta dia menggelindingkan kembali bola tersebut agar Moms menangkapnya. Permainan ini memang terlihat sangat sepele ya, Moms. Meski begitu, manfaatnya sangat besar. Pasalnya, permainan ini akan melatih bayi untuk bisa berbagi. Karakter seperti ini tentu amat diperlukan oleh bayi kelak, bukan?

5. Membuat Alat Musik Sederhana

Alat musik sederhana itu bisa Moms buat dari barang-barang bekas yang ada di rumah. Sejauh barang bekas tersebut bisa dipukul dan bisa mengeluarkan suara, itu sudah cukup bagus. Bukan hanya untuk mengenalkan bunyi dan nada kepada bayi, tetapi permainan ini juga bisa melatih motorik pada bayi.

Moms, bisa praktikkan satu persatu ide-ide di atas. Mana permainan yang paling disukai, itulah yang sebaiknya Moms pilih. Dan lagi, jangan lelah untuk terus menggali ide permainan bayi 1 tahun yang lain.

Leave a Comment

%d bloggers like this: