Bagaimana cara mendidik anak yang susah diatur? Karakter anak ada berbagai macam. Tidak semua anak merupakan anak yang penurut dan mudah diatur. Tentu saja ada anak yang keras kepala dan susah diatur. Memang anak dengan sifat seperti itu menjadi tantangan tersendiri untuk Moms dan para orang tua di luar sana. Tak jarang ada pula yang melatih anak-anak yang susah diatur dengan metode keras dan cenderung terlalu tegas.

Hal ini sebenarnya merupakan hal yang salah karena untuk menghancurkan batu bukanlah dengan batu juga, melainkan dengan air dimana kiasan ini dimaksudkan adalah cara mendidik anak yang susah diatur adalah bukan dengan mengerasi mereka pula. Berikut HalloMoms.id merangkumkannya untuk Moms.

Menjadi Teladan yang Baik

Mencontohkan kebaikan kepada anak harus dilakukan secara konsisten. Jadilah teladan yang baik untuk anak tidak hanya pada saat anak susah diatur saja. Ketika melakukan pekerjaan sehari-hari atau sekedar berkumpul di rumah dan menghabiskan waktu bersama, penting bagi Moms untuk bersikap menjadi teladan yang baik untuk anak. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan pada anak bahwa orang tuanya saja bersikap baik, maka anaknya juga harus mengikuti sikap orang tuanya.

Terkadang masih banyak orang tua di luar sana yang hanya bersikap baik ketika memberikan contoh kepada anak dan ketika anak-anak sedang susah-susahnya diatur. Lalu setelah mereka tenang dan menurut, orang tua juga akan kembali ke pribadi semula dan melupakan apa yang sudah dicontohkan kepada anak-anak mereka. Untuk hal ini, Moms memiliki tantangan hebat untuk menjadi seorang teladan yang baik dan menghindari anak bersikap bandel atau susah diatur.

BACA JUGA: 3 Cara Mendidik Anak Perempuan Usia Remaja, Nomor 2 Paling Sulit!

 Tidak Memanjakan Anak

Cara Mendidik Anak Yang Susah Diatur
Cara Mendidik Anak Yang Susah Diatur

Terkadang memanjakan anak dan cenderung menuruti keinginan dan rajukan sang anak adalah boomerang untuk orang tua. Niatnya, Moms ingin memanjakan mereka dengan imbalan mereka akan menjadi anak yang penurut, berbakti dan rajin membantu kedua orang tua. Namun hal ini bisa-bisa malah membuat sang anak tidak peka terhadap lingkungan sekitar, jarang membantu orang tua, tidak bisa mandiri dan bahkan menjadi susah diatur.

Ketika memanjakan anak, sebenarnya hal ini boleh-boleh saja Moms. Namun, jangan memanjakan mereka terlalu sering. Apalagi sampai selalu membelikan barang-barang yang mereka inginkan tanpa mereka memiliki pencapaian terlebih dahulu. Baiknya, Moms manjakan mereka dengan menuruti keinginan mereka sesekali agar tidak menjadi anak yang susah diatur kelak. Dengan mengerti makna tanggung jawab dan kedisiplinan, maka anak akan cenderung terhindar dari sifat bandel dan susah diatur.

BACA JUGA: Orang Tua Wajib Tahu Cara Mendidik Anak agar Cerdas

Menjadi Orang Tua Kreatif dengan Membuat Peraturan Tegas

Moms bisa menjadi orang tua kreatif dengan memberikan beberapa peraturan kepada anak tercinta untuk tidak boleh dilanggar. Untuk anak yang susah diatur, biasanya mereka enggan menuruti aturan yang sudah dibuat oleh orang tua. Untuk mengakalinya, Moms dapat membuat peraturan dengan imbalan agar anak mau menurut dan gampang diatur.

Misalnya saja, Moms bisa membuat peraturan seperti harus merapikan kamar sendiri setelah bangun tidur serta tidur pada jam yang sudah dijadwalkan dan tak lebih dari jam 9 malam. Tentu saja dari peraturan tersebut, anak tidak akan langsung menurut karena naluri anak adalah membangkang atau melanggar jika diberikan sebuah peraturan. Untuk mengakalinya, Moms dapat memberikan imbalan berupa es krim dua hari sekali jika tempat tidur selalu rapi dan tidur selalu tepat waktu.

Ketiga cara mendidik anak yang susah diatur yang sudah kami buat khusus untuk Moms diharapkan dapat menjadi informasi penting untuk mengatasi tingkah bandel sang buah hati.

Leave a Comment

%d bloggers like this: