Setiap orang tua tentu mengharapkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang baik, patuh, serta hormat kepada orang tuanya. Namun sebagian orang tua mungkin perlu melakukan usaha ekstra dalam mendidik anak, karena tidak semua anak mudah diatur. Untuk itu penting bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana menghadapi serta cara mendidik anak yang nakal agar menjadi baik.

Jika saat ini Moms sedang mencari cara bagaimana agar si kecil yang nakal menjadi anak yang penurut, maka berikut terdapat 4 cara yang dapat Moms lakukan.

BACA JUGA: WOW! Inilah 4 Tips dan Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Agar Cerdas

1. Melakukan Pendekatan sebagai Langkah Awal

Moms mungkin pernah menghadapi kondisi anak yang rewel, nakal dan susah diatur. Jika sedang menghadapi kondisi tersebut, sebaiknya jangan hadapi anak dengan cara yang keras, emosional dan penuh amarah. Karena hal tersebut akan membuat anak merasa kesal sehingga membuatnya semakin rewel dan nakal.

Oleh karena itu Moms harus melakukan pendekatan yang baik, berilah nasehat pada anak dengan cara yang lembut bahwa apa yang dilakukannya itu perbuatan yang tidak baik.

Dengan melakukan pendekatan secara lembut, maka si kecil akan menyadari bahwa Moms sangat menyayanginya sehingga secara pelan-pelan dia akan menyadari bahwa apa yang dilakukannya itu merupakan perbuatan yang tidak baik.

BACA JUGA: 3 Cara Mendidik Anak Perempuan Usia Remaja, Nomor 2 Paling Sulit!

2. Orang Tua Perlu Memberikan Contoh

Cara Mendidik Anak Nakal Menjadi Baik
Cara Mendidik Anak yang Nakal Menjadi Baik

Untuk mengubah perilaku anak tentu tidak cukup jika hanya dengan memberikannya nasehat melalui kata-kata, karena Moms juga perlu mengimbanginya dengan memberikan contoh nyata dalam bentuk tindakan.

Memberikan teladan melalui perilaku sehari-hari akan membuat anak meniru perilaku baik tersebut, karena seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan peniru yang andal.

Maka dari itu jika ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang baik, sopan dan patuh maka biasakan untuk memberikan contoh perilaku-perilaku tersebut.

3. Psikolog Anak Elly Risman Menyebutkan; Dibutuhkan Attachment dalam Mendidik Anak

Harus adanya kedekatan secara emosi antara orang tua dan anak. Elly Risman menyebutkan bahwa tidak sedikit orang tua yang kurang memiliki kedekatan dengan anaknya. Kedekatan yang dimaksud bukan hanya secara fisik tetapi dekat dari jiwa ke jiwa.

Faktor anak menjadi nakal salah satunya adalah untuk mencari perhatian dari orang tuanya karena selama ini anak tidak mendapatkan hal tersebut.

Untuk itu jika Moms ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang baik, maka selalu luangkan waktu untuk sekedar bercerita bersama sang buah hati. Karena dengan demikian maka anak akan merasa bahwa orangtuanya selalu ada untuknya, sehingga anak tidak merasakan kurang perhatian.

4. Memiliki Metode Reward dan Punishment

Ketika si kecil sudah benar-benar sulit untuk diberi pengertian, maka Moms harus membuat peraturan yang tegas untuk membatasi perilaku si kecil tersebut. Tujuannya adalah untuk melatih sikap disiplin anak.

Moms perlu menerapkan metode reward dan punishment agar si kecil termotivasi untuk melakukan hal-hal yang baik dan meninggalkan perilaku buruk yang biasa dilakukannya. Berilah reward dengan bentuk apapun bisa dalam bentuk pujian ataupun memberikan barang kesukaannya ketika si kecil sudah melakukan perilaku baik dan patuh terhadap nasihat orang tuanya.

Begitupun sebaliknya, jika si kecil mulai melakukan perilaku-perilaku nakal dan susah diatur maka Moms perlu memberikannya punishment agar dia bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukannya. Namun perlu diperhatikan ya Mom, untuk menghindari memberikan sanksi dalam bentuk kekerasan baik dalam bentuk fisik maupun verbal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: