Memiliki buah hati yang rajin serta memiliki nilai di atas rata-rata merupakan idaman setiap orang tua. Namun pencapaian itu tidaklah mudah. Di era modernisasi serta kemajuan teknologi beserta segala sesuatunya seperti sekarang ini memberikan dampak yang tak selalu bagus. Beberapa faktor diantaranya dapat memicu semangat belajar anak menjadi menurun. Drastisnya kemajuan zaman dan beserta teknologinya justru terkadang menjadi salah satu alasan yang membuat anak menjadi cenderung malas belajar. Untuk mengatasinya, berikut HalloMoms.id memberikan tips cara mendidik anak yang malas belajar.

BACA JUGA: Orang Tua Wajib Tahu Cara Mendidik Anak agar Cerdas

Kenali Penyebab Utama Anak menjadi Malas

Saat usia anak menginjak masa sekolah bukan berarti anak tidak memiliki masalah. Jika anak memiliki suatu masalah jelas hal tersebut hanya akan membebani pikiran anak. Efek samping dari hal tersebut ialah anak akan cenderung malas untuk belajar. Cara yang efektif untuk mengetahui apakah anak Moms memiliki masalah atau tidak adalah dengan mengamati pola perilaku saat anak berada di rumah. 

Jika perilaku nampak tidak wajar dan lebih banyak diam, Moms perlu sesekali mengajak anak Moms berbincang santai. Tentunya Moms tidak harus selalu setiap harinya melakukan pembicaraan yang intens yang bertujuan memberikan konsultasi jika anak Moms memiliki masalah. Intensitas yang terlalu sering terkadang akan membuat anak Moms merasa tidak nyaman dan merasa terganggu akan privasinya. Hal ini hanya akan menimbulkan anak cenderung menghindar dari Moms dan menutup diri di kamar.

Maka dari itu, jika Moms sudah melihat ada tanda-tanda yang mengganjal dari perilaku sang anak. Segeralah ajak dia bicara dan kembalikan semangat belajarnya agar tidak menjadi anak yang malas di kemudian hari.

Memberikan Motivasi dan Kasih Sayang

Terlepas ada atau tidak adanya masalah yang mengganggu anak Moms, berilah anak Moms motivasi yang membangun serta meningkatkan kesadaran anak Moms untuk belajar. Pilihlah waktu yang tepat saat berbincang kepada anak. Berperan menjadi sosok teman di rumah kadang akan lebih efektif karena sang anak akan cenderung lebih nyaman dan lebih terbuka saat berbicara dengan Moms. 

Sesekali mengajak sang anak untuk belajar bersama di luar rumah selepas selesai sekolah, atau mengajak mereka mengerjakan PR tempat tempat baru dan menyenangkan di luar rumah dapat mengurangi kebosanan buah hati dan menambah semangatnya untuk tidak malas belajar.

BACA JUGA: 3 Cara Mendidik Anak Perempuan Usia Remaja, Nomor 2 Paling Sulit!

Cari Metode Belajar yang Cepat

Cara Mendidik Yang Malas Belajar
Cara Mendidik Yang Malas Belajar

Setiap anak memiliki metode dan cara tersendiri dalam membuat mereka nyaman belajar. Adapula beberapa anak yang memiliki metode atau cara cepat untuk menerima berbagai macam informasi yang masuk. Umumnya, proses pembelajaran dilakukan di dalam kelas. Proses pembelajaran di ruang kelas selama berjam-jam tentu akan memeras tenaga dan pikiran anak Moms. Jika hal ini terjadi memaksakan anak untuk mendapat jam belajar ekstra dengan mengikuti kegiatan les di lembaga les atau privat di rumah tidak akan berdampak yang signifikan. 

Moms dapat memberikan solusi dengan mengajak anak Moms menonton bersama video-video pembelajaran edukatif yang pada era modern ini banyak tersedia di internet seperti di beberapa channel youtube. Setelah menonton video pembelajaran Bersama, alangkah baiknya Moms mengajak anak untuk berdiskusi tentang materi yang telah Moms tonton bersama. Mengajak anak untuk berdiskusi tentang materi-materi baru juga dipercaya dapat meningkatkan dan mempercepat proses penangkapan dan memasukan informasi ke memori ingatan anak Moms.

Ketiga rangkuman cara mendidik anak yang malas belajar di atas, diharapkan dapat menumbuhkan dan memotivasi anak agar tetap semangat dan tak lagi malas untuk belajar rajin.

Leave a Comment

%d bloggers like this: