Mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Faktanya orangtua juga manusia biasa yang bisa kehilangan kendali atas emosi dan amarah. Namun apapun alasannya, orangtua tidak dibenarkan untuk melakukan kekerasan pada anak. Karakter dan sifat anak yang berbeda-beda membuat penerapan cara mendidik anak yang baik tanpa kekerasan cukup susah.

Ada anak yang bisa langsung menurut ketika diberi nasehat, namun ada juga yang temper tantrum atau rewel. Berikut ini beberapa cara mendidik anak yang baik tanpa kekerasan yang bisa diterapkan orangtua. 

Berikan kebebasan pada anak untuk berkegiatan

Salah satu cara mendidik anak tanpa kekerasan adalah dengan memberikan mereka kebebasan untuk berkegiatan. Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga mempunyai keinginan untuk melakukan hal-hal yang disukainya. Bahkan ketika anak mempunyai konflik dengan anak lain, orangtua tidak perlu terburu-buru langsung ikut campur.

Orangtua perlu membedakan mana yang merupakan bercandaan anak-anak dan perilaku buruk. Dengan memberikan kebebasan, anak merasa bila mereka mendapatkan kepercayaan dari orangtua dan akan berusaha berbuat yang baik. 

BACA JUGA: 5 Tips dan Cara Mendidik Anak Usia Dini untuk Menyongsong Masa Depan yang Cerah

Orang tua perlu memberi contoh perbuatan yang baik

Anak belajar dengan melihat dan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Oleh karena itu, orangtua harus memberikan contoh yang baik. Moms bisa mulai dari hal kecil seperti tenang ketika di antrian, memberikan tempat duduk untuk yang lebih tua, mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dan sebagainya. Dengan memberikan contoh yang baik, anak akan menirukan hal yang baik pula. Hindari menunjukkan amarah atau kekerasan pada anak bila tidak ingin mereka menjadi pribadi yang keras pula. 

Cara mendidik anak yang baik tanpa kekerasan dengan mengelola amarah

Cara mendidik anak yang baik
Cara mendidik anak yang baik

Orangtua juga manusia biasa yang mempunyai amarah dan emosi. Namun bila Moms sedang marah, sebaiknya jangan ditunjukkan di depan anak. Bila Moms marah akan suatu hal, menjauhlah dari anak dan luapkan kemarahan pada hal lain seperti melakukan olahraga.

Menghindari anak ketika marah bukan berarti menyembunyikan rasa marah orang tua dari anak. Anak perlu tahu bila orangtua sedang marah, namun mereka juga perlu mempelajari bagaimana orangtua mereka mengelola emosi dan rasa marah dengan bijak tanpa menggunakan kekerasan. 

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Supaya Pintar dan Kreatif, Nomor 5 Penting banget

Bangun komunikasi dengan anak

Tanpa sadar orangtua bisa saja memaksakan kehendak pada anak yang berujung pada kekerasan Daripada memaksakan kehendak, Moms lebih baik membangun komunikasi yang baik dengan anak. Cari tahu apa keinginan dan pendapat anak, sehingga Moms bisa mencari tahu apa yang bakat dan minat mereka. Kemudian, Moms tinggal mendukung minat dan bakat mereka tanpa memaksakan kehendak yang membuat mereka menjadi membangkang. 

Luangkan waktu dengan anak sebagai cara mendidik anak yang baik tanpa kekerasan

Sama pentingnya dengan membangun komunikasi, orangtua juga perlu meluangkan waktu untuk anak meskipun hanya sekedar menemani mereka bermain. Meluangkan waktu bersama dengan anak bisa membangun kepercayaan anak pada orangtua dan membuat mereka merasa dicintai. 

Bila kekerasan adalah cara orangtua Moms dulu dalam mendidik, sekarang sudah waktunya untuk move on. Tidak semua metode mendidik anak dari orangtua terdahulu bisa diterapkan pada anak-anak sekarang. Moms bisa mengikuti beberapa cara mendidik anak yang baik tanpa kekerasan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang bijaksana dan tenang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: