Pada saat anak Moms masih berusia dini, bermain adalah aktivitas yang menyenangkan bagi mereka. Namun sejatinya bermain adalah salah satu wadah dan metode mereka dalam belajar. Dengan menggunakan metode dan cara mendidik anak usia dini yang tepat, Moms dapat membimbing dan mengarahkan buah hati menuju masa depan yang cerah. Berikut HalloMoms mencoba memberikan 5 tipsnya.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Sholeh Sejak Dini, Nomor 2 Wajib Dilakukan

 Ajarkan Tentang Agama

Pada dasarnya, semua agama adalah baik adanya untuk diajarkan dan diperkenalkan kepada buah hati sejak dini. Setiap masing-masing agama pastinya akan mengajarkan dan menebarkan benih-benih kebaikan dan sikap saling mengasihi.

Mengajak anak untuk beribadah atau sekedar mengikuti ritual keagamaan akan menumbuhkan rasa disiplin dan tanggung jawab tersendiri kepada buah hati Moms. Tumbuhnya rasa disiplin dan tanggung pada buah hati juga penting untuk menunjang masa depan yang cerah untuk buah hati Moms.

Menjadi Teladan yang Baik

Proses tumbuh kembang buah hati Moms akan lebih banyak dan lebih sering terjadi di dalam lingkungan rumah Moms. Sebagai orang terdekat dan sekaligus sebagai guru pertama bagi buah hati Moms, berikanlah contoh-contoh yang baik pada buah hati Moms.

Jika Moms memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk seperti begadang alangkah baiknya Moms mulai menguranginya atau tidak Moms tunjukkan kepada buah hati Moms. Secara naluri dan alamiah, buah hati Moms akan meniru apapun yang ada perbuat dan lakukan, jadi berikanlah contoh-contoh perilaku positif bagi buah hati Moms agar mereka juga bisa meniru secara positif juga.

BACA JUGA: Game Edukasi Anak Usia Dini yang Baik untuk Pertumbuhan Mereka

Menjadi Terbuka Agar Ikatan dengan Anak Tetap Terjalin Baik

Cara Mendidik Anak Usia Dini
Cara Mendidik Anak Usia Dini

Hendaknya bersikaplah terbuka saat akan mendidik anak Moms. Keterbukaan Moms kepada buah hati akan mendorong sifat jujur dan menghindari sifat berbohong pada buah hati Moms. Jika buah hati Moms melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan dirinya saat itu atau kedepannya, alangkah baiknya jika Moms menyampaikan dampak negatif yang akan didapatkan sebagai buah sebagai konsekuensi dari hal tersebut.

Namun, dalam penyampaian serta dalam memberikan arahan, sebaiknya menggunakan bahasa yang halus, penuh nuansa positif serta dengan intonasi yang hangat. Secara psikologis, keterbukaan Moms terhadap buah hati Moms akan mendekatkan dan mempererat hubungan antara Moms dan sang buah hati.

Menjadi Pendengar yang Baik agar Bisa Menjadi Pribadi yang Percaya Diri

Selain menjadi orang tua, Moms sebaiknya berlaku sebagai teman buah hati Moms. Di usia yang masih muda bukan berarti mereka tidak memiliki masalah. Ketika sang buah hati memiliki masalah ulurkan tangan Moms serta terbukalah untuk menerima dan menampung curhatan dari buah hati Moms.

Berikan solusi yang terbaik dan termudah untuk buah hati Moms. Selain hal ini nantinya menumbuhkan sikap percaya diri mereka untuk berbicara di depan orang-orang, anak-anak ini nantinya juga akan bisa menjadi orang yang terbuka dan jujur kepada orang tua.

BACA JUGA: 4 Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 7 Tahun Agar Berkarakter Baik

Memberikan Pujian, Penghargaan serta Motivasi

Dalam proses pembelajaran dan pertumbuhannya, buah hati akan terus melakukan pencapaian-pencapaian baru dari waktu ke waktu. Pada saat tersebut, berikanlah pujian atas pencapaian positif buah hati Moms. Perilaku ini dapat menimbulkan rasa optimis yang sangat berguna bagi buah hati Moms kelak. Berikanlah juga motivasi untuk membuat pencapaian positif lainnya saat Moms memberikan pujian tersebut, hal ini akan membangun karakter yang bagus pada buah hati Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: