Ketika buah hati masih bayi, mungkin mereka masih memang belum mengerti apa-apa dan tidak mempunyai rasa keingintahuan yang begitu besar. Hal ini berbeda jika anak bayi sudah beranjak tumbuh besar menjadi anak berusia 5 tahun. Pada usia ini, perkembangan anak akan sangat pesat mulai dari perkembangan fisik hingga perkembangan otaknya. Masa-masa emas ini, dapat moms gunakan untuk mendidiknya agar tumbuh menjadi anak yang cerdas. Berikut kami rangkumkan 3 cara mendidik anak usia 5 tahun.

BACA JUGA: Tahap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini 1-5 Tahun

Tunjukan Hal yang Baik

Menunjukan hal baik bukan berarti hanya sekedar menunjukkannya saja. Moms dapat menunjukkan hal-hal baik serta kebiasaan-kebiasaan baik untuk selalu makan sendiri, makan menggunakan tangan kanan serta selalu membersihkan atau mencuci tangan setelah memegang benda kotor. Setelah Moms tunjukkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, mulailah moms untuk sedikit memberikan pelajaran dan alasan kenapa moms dan sang anak harus melakukan hal-hal baik tersebut.

Dengan cara menunjukkan kebiasaan-kebiasaan baik di depan anak dan menyertakan alasannya kenapa harus dilakukan, maka anak tersebut akan mulai paham dan menerapkannya menjadi kebiasaan sehari-hari karena setiap hari selalu dilakukan dan diingatkan. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, perlahan, anak tersebut dapat termotivasi untuk selalu bertanya dan merangsang kecerdasan cara berpikirnya.

Biarkan Anak Mengutarakan Pendapat dan Perasaan Mereka

Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun
Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun

Pada usia 2 sampai 5 tahun, tak semua anak merupakan anak penurut dan mudah dinasehati. Justru di rentang usia tersebut, anak-anak akan berada pada masa paling aktif mereka dan bahkan paling bandel. Tak jarang mereka akan banyak meminta dan merengek untuk barang yang mereka inginkan. Biasanya, kalau sudah begini, orang tua akan dengan tegas menolak dan membiarkannya begitu saja. Latihlah anak untuk mengutarakan pendapat agar kelak ia menjadi pribadi yang cerdas berpendapat.

Membiarkan anak begitu saja setelah ditolak keinginannya sebenarnya bukan merupakan hal yang baik untuk mendidik buah hati. Moms harus lebih mencoba memberi mereka ruang belajar atau ruang bicara. Izinkan mereka untuk menjelaskan kenapa mereka menginginkan barang-barang tersebut dan apa gunanya untuk mereka. Jika anak sudah bisa menjelaskan dan hal itu memang meyakinkan orang tua untuk membelikannya barang yang diinginkan, moms dapat mewujudkan keinginan anak tercinta.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Dalam Islam Untuk Pembentukan Kepribadiannya

Tidak Membentak Mereka

Anak-anak yang berusia 5 tahun ke atas bahkan sampai masuk ke sekolah dasar pun pasti masih menjadi anak yang suka melawan jika dinasehati. Tipikal anak kecil, pasti akrab dengan sapaan anak bandel karena sulit untuk diatur. Biasanya, karena saking sulitnya diatur dan dinasehati, orang tua akan membentak atau memarahi sang anak agar paling tidak ia bisa diam dan tidak banyak bertingkah.

Hal tersebut merupakan kesalahan yang fatal karena membentak anak umur 5 tahun hanya akan menjadikan mereka pribadi yang kasar dan keras kepala jika sudah dewasa. Sejak kecil sudah dibentak dan diatur sedemikian rupa oleh orang tua, pastilah ketika tumbuh dewasa nanti anak tersebut akan mencari pelampiasan dengan menjadi orang yang kasar dan suka membentak teman-teman atau orang-orang yang lebih lemah darinya.

Tentu saja semua orang tua tidak ada yang mau anaknya menjadi sejenis preman atau orang jahat yang tidak punya hati nurani. Untuk itu, mulai hari ini, jika moms masih suka membentak dan berteriak kepada anak balita ketika mereka susah diatur, mohon untuk tidak dilakukan lagi. Cukup dengan bicara secara halus kepada mereka dan nasehati baik-baik. 3 cara mendidik anak usia 5 tahun yang sudah kami rangkumkan di atas, diharapkan dapat membuka lagi wawasan moms untuk mendidik anak-anak di rumah dengan baik.

Leave a Comment

%d bloggers like this: