HalloMoms, seperti yang telah kita ketahui, setiap bayi terlahir murni tanpa memiliki pengetahuan, emosi, mental bawaan dan karakter. Semua sifat manusiawi tersebut akan menjadi milik bayi seiring mereka tumbuh besar. Maka dari itu, memiliki buah hati dan membentuk buah hati yang cerdas sejak usia lahirnya sang buah hati bukanlah hal yang tidak mungkin. Pada masa emas pertumbuhan anak, tepatnya pada usia 2 tahun, penelitian mengungkapkan bahwa masa pertumbuhan otak sudah mencapai kisaran angka 80%. Sehingga pada masa ini diperlukan cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas di kemudian hari. Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk mencapai hal tersebut.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Dalam Islam Untuk Pembentukan Kepribadiannya

Memberikan Nutrisi yang Tepat dan Bergizi 

Pemberian ASI eksklusif di periode 6 bulan awal pasca kelahiran bayi sangatlah penting untuk pertumbuhan anak. Dalam ASI sendiri terkandung berbagai macam nutrisi serta gizi yang sangatlah bagus dan penting untuk diberikan kepada anak. Dalam masa emas pertumbuhan anak, diperlukan pemberian nutrisi yang dan gizi yang tepat.

Agar nantinya hal ini berdampak positif untuk perkembangan otak serta kesehatan sang buah hati Moms. Pada masa ini, secara optimal, sang buah hati dapat menyerap energi dan nutrisi 50 persen hingga 75 persen dari apa yang ia konsumsi. 

Beberapa nutrisi penting seperti karbohidrat, lemak baik, zat besi, omega 3, omega 6, seng, yodium, kolin, asam folat, vitamin A, vitamin b6, vitamin b12, protein AA DHA serta nutrisi baik lain, perlu dipertimbangkan untuk bisa diberikan sebagai konsumsi buah hati moms sejak usia dini.

Pemberian suplemen penunjang berupa susu formula serta vitamin kompleks juga dapat menstimulasi penyerapan nutrisi dan gizi lebih optimal. Pemberian berbagai macam imuniasi juga sangat penting supaya buah hati Moms tidak mudah terserang virus serta penyakit yang dapat merugikan serta dapat menghambat asupan gizi sang buah hati. 

Menyeimbangkan Waktu Bermain dan Belajar

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Agar Cerdas
Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Agar Cerdas

Sewaktu kecil, tentunya tidak ada masa yang paling indah selain masa bermain. Bermain tidak selalu memberikan dampak serta konotasi negatif. Justru pada usia emas pertumbuhan, bermain merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan logika serta kemampuan otak serta melatih kemampuan motorik buah hati Moms. 

Sewaktu bermain, anak dapat melatih motorik halus serta motorik kasar seperti saat menyusun beberapa benda atau bermain lego. Namun penanaman pengetahuan juga perlu diseimbangkan. Mengenalkan huruf serta angka sejak dini dapat membantu perkambangan anak pada masa keemasan pertumbuhan mereka. Metode belajar sambil bermain seperti menari dan bernyanyi tentu akan lebih disukai buah hati Moms.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak PAUD yang Benar dan Bisa Moms Terapkan

Menumbuhkan Pola Pikir Maju dan Melatih Kedisiplinan

Tidak ada pencapaian yang dapat didapat melalui cara instan untuk hal apapun. Untuk setiap hal yang berkenaan di dunia ini, memerlukan proses yang dapat mengarah menuju kesuksesan. Hal ini juga berlaku dalam cara mendidik anak. Menumbuhkan rasa disiplin, tanggung jawab serta pola pikir yang maju sangat membantu untuk mencerdaskan anak. Mulai dari kebiasaan kebiasaan kecil seperti membiasakan diri tidur berkecukupan, tidur teratur, hingga membiasakan bangun pagi dapat merangsang anak untuk disiplin sejak dini. 

Moms juga dapat mengajak buah hati untuk membiasakan diri untuk menaruh piring serta gelas yang telah dipakai setelah makan dan minum ke tempat cuci piring. Aktivitas seperti mematikan keran air bila tidak digunakan, membuang sampah pada tempatnya, yang mana dalam penyampaiannya memberikan pengertian peduli lingkungan juga dapat menumbuhkan pola pikir maju sejak dini pada anak.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Supaya Pintar dan Kreatif, Nomor 5 Penting Banget

Menciptakan Suasana Psikologis yang Mendukung

Setelah nutrisi, waktu bermain, waktu belajar, serta penanaman pola pikir buah hati, tugas Moms selanjutnya adalah menjaga kondisi psikologis dan suasana hati serta suasana lingkungan keluarga Moms. Pada usia yang sangat muda, perilaku buah hati terkadang akan susah untuk diatur hingga bandel adalah suatu perilaku yang wajar. Namun, tidak diperkenankan untuk memarahi buah hati Moms. 

Memarahi mereka pada kondisi tertentu hanya akan memberikan dampak negatif berupa efek trauma. Sebaiknya hindarilah pemakaian kata negatif seperti kata “jangan” dan gantilah dengan kata yang lebih positif seperti kata “alangkah baiknya”. Menggunakan intonasi yang hangat, serta pemilihan kata yang mudah dimengerti akan lebih nyaman untuk didengarkan dan diresapi oleh buah hati moms ketika Moms memberikan nasehat atau arahan. Menumbuhkan psikologis dan menjaga psikologis anak supaya tetap bagus adalah solusi terbaik, karena dibalik raga yang kuat terdapat jiwa yang kuat. 

Tips di atas dapat Moms jadikan patokan cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas. Semoga buah hati bisa berkembang menjadi pribadi yang cerdas jika diajari dengan baik.

Leave a Comment

%d bloggers like this: