Semua orangtua pasti bangga bila anak mereka cerdas dan kreatif. Tidak heran bila hampir semua orangtua pasti berusaha mencari cara mendidik anak supaya pintar dan kreatif. Orang tua pasti tidak ragu mencari tahu tentang teori ataupun metode parenting yang efektif untuk mendidik anak. Berikut ini beberapa cara mendidik anak supaya pintar dan kreatif yang bisa Moms terapkan. 

Cara mendidik anak supaya pintar dan kreatif dengan membaca buku

Buku adalah jendela dunia, sehingga melalui buku banyak hal yang bisa dipelajari. Bila Moms ingin anak yang pintar dan kreatif, perkenalkan anak dengan buku sedini mungkin. Ada banyak hal yang bisa dipelajari anak melalui membaca buku seperti meningkatkan kemampuan berbahasa, memberikan pengetahuan baru, dan juga mengasah daya khayal anak. Manfaat membaca buku ini akan sangat berguna bila anak sudah mulai memasuki usia sekolah karena mereka tidak lagi kaget bila diharuskan membaca buku. 

Perkenalkan kesenian supaya anak kreatif

cara mendidik anak supaya pintar
Cara mendidik anak supaya pintar

Memperkenalkan anak dengan kesenian adalah salah satu cara mengasah daya kreativitas mereka. Berdasarkan penelitian, anak yang kenal dengan seni akan mempunyai perkembangan yang lebih baik dalam hal daya ingat verbal, bahasa, matematika, dan juga IQ yang tinggi.

Seni yang bisa dipelajari anak sejak dini adalah kerajinan tangan, musik, menari, melukis, dan sebagainya. Moms juga bisa mengarahkan anak pada salah satu bidang yang mungkin disukainya. Cara lainnya adalah dengan memperkenalkan musik untuk membantu membangun daya kreativitas anak. 

Batasi televisi dan gadget

Anak-anak juga memang harus dikenalkan dengan teknologi, namun bukan berarti mereka bisa menggunakannya sepanjang waktu. Bila ingin anak yang cerdas dan kreatif, Moms harus membatasi waktu anak menonton televisi dan bermain gadget. Dua teknologi ini berpotensi membuat anak kecanduan hingga lupa berinteraksi dengan orang lain dan enggan melakukan aktivitas fisik. Cobalah berikan aktivitas lain pada anak untuk mengalihkan perhatian mereka dari televisi dan gadget. 

BACA JUGA: 5 Cara Mendidik Anak Agar Rajin Belajar Paling Jitu

Menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab

Disiplin dan tanggung jawab adalah bekal perkembangan anak yang penting untuk masa depan. Menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab juga menjadi bagian agar anak cerdas dan kreatif. Moms bisa mengajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab ini mulai dari hal yang terkecil seperti membereskan mainan sendiri, mengerjakan PR secara mandiri, berangkat ke sekolah tepat waktu, dan sebagainya. 

Selain itu, orangtua tidak boleh memanjakan anak. Memang sudah menjadi insting orangtua untuk memanjakan anak, namun memenuhi semua keinginan anak akan membuat mereka terlena dan tidak berjuang. Berikan pengertian pada anak bila tidak semua keinginan bisa dipenuhi dengan mudah dan mereka harus berjuang bila ingin mendapatkan sesuatu. 

BACA JUGA: 3 Tips Cara Mendidik Anak Secara Islami, Nomer 3 Wajib Dilakukan!

Jangan lupa ajarkan anak beribadah sebagai cara mendidik anak supaya pintar dan kreatif 

Langkah yang paling penting untuk mengembangkan kecerdasan dan kreativitas adalah dengan mengajak anak beribadah sejak dini. Agama adalah pondasi utama kehidupan. Dengan mengenal agama, anak akan menjadi manusia yang mempunyai tujuan hidup dan beriman. Bagaimanapun juga kecerdasan tanpa landasan agama akan menjadi tidak seimbang dan salah arah. 

Cara mendidik anak supaya pintar dan kreatif memang tidak sama antara satu orang dengan lainnya. Selain itu, setiap anak juga membutuhkan pendekatan yang berbeda sesuai dengan karakter dan kemampuan masing-masing. Orangtua harus bisa membaca karakter anak agar bisa menerapkan cara yang paling tepat. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: