Memiliki buah hati adalah suatu kebahagiaan yang tak ternilai harganya, terlebih lagi jika nantinya buah hati Moms tumbuh menjadi pribadi yang pintar dan cerdas. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan proses berupa tahapan-tahapan yang tentunya harus dilalui sang buah hati bersama dengan Moms. Berbagai cara mendidik anak supaya pintar ada dan terbagi dalam berbagai macam metode, berikut kami rangkumkan untuk Moms.

Menjadikan Diri Orang Tua sebagai Panutan

Orang pertama yang akan dikenal dan dikenang dan dekat dengan anak adalah orang tua, maka dari itu secara otomatis orang tua akan menjadi guru sekaligus panutan pertama oleh anak. Ibarat buah jatuh tidak jauh dari pohonnya memang benar-benar terjadi di dalam masyarakat. Jika Moms menghendaki memiliki anak yang cerdas, tentunya Moms harus mempertimbangkan untuk menjadi panutan yang baik untuk mereka. 

Diharapkan Moms bisa menjadi guru, teladan sekaligus idola bagi anak Moms. Ketika anak mengalami kesulitan terhadap permasalahan yang dialami oleh anak di sekolah seperti tugas dan PR yang diberikan. Sebisa mungkin posisikan diri Moms untuk membantu mereka. 

Hindarilah untuk menolak dan tidak membantu mereka dengan berbagai alasan jika tidak mendesak. Jika terpaksanya Moms tidak bisa memberikan solusi atas permasalahan mereka, pertimbangkan juga untuk mencari solusi bersama. Moms dapat mencari bersama atas solusi permasalahannya melalui buku pelajaran, internet atau bertanya pada teman atau sahabat Moms. Hal ini secara alami akan membentuk karakter anak sebagai pribadi yang tidak patah semangat dan berusaha mencari solusi terbaik.

BACA JUGA: Intip Cara Mendidik Anak yang Keras & Suka Melawan, Nomor 3 Wajib Tahu

Terapkan Cara Mendidik Anak Supaya Pintar dengan Membiasakan Diri untuk Belajar 

Cara Mendidik Anak Supaya Pintar
Cara Mendidik Anak Supaya Pintar

Indonesia mengenal jam belajar masyarakat yang umumnya diberlakukan pada pukul 18.00 hingga pukul 21.00. Hendaknya memaksimalkan waktu tersebut dan kondisikan pada jam tersebut untuk belajar bersama. Moms juga dapat menerapkan aturan tertentu pada jam tersebut untuk mengkondisikan dan memberikan contoh yang baik. 

Jika moms memiliki laporan kantor atau tanggungan pekerjaan yang harus moms kerjakan, moms dapat mengerjakan bersama anak di dalam satu ruangan. Hal ini akan memberikan dampak dorongan positif bagi anak. Dengan membiasakan diri pada anak untuk belajar, anak akan mendapatkan pengetahuan yang lebih dan siap untuk dibawa menjadi bekal esok hari di sekolah. Proses belajar sendiri sangatlah penting untuk menjadikan anak menjadi pribadi yang pintar, karena kepintaran seseorang tidaklah lahir secara spontan dan instan melainkan melalui proses belajar yang rajin dan tekun.

BACA JUGA: 3 Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun, No 3 Wajib Dilakukan!

Mengajari Disiplin dan Tanggung Jawab

Sikap disiplin dan tanggung jawab diperlukan sebagai modal untuk masa depan cerah sang anak. Sikap ini penting karena tanpa sikap disiplin dan tanggung jawab, anak akan mudah melupakan waktu belajar. Dengan sifat tanggung jawab yang telah tertanam sejak dini dalam diri sang anak diharapkan anak akan terhindar dari sifat malas dan manja. 

Moms dapat melatih tanggung jawab dan disiplin anak melalui hal-hal kecil seperti bangun tidur pagi, mencuci gelas dan piring yang telah digunakan, mencuci baju sendiri, membersihkan dan merapikan kamar tidur sendiri, hingga berangkat sekolah tepat waktu dan tidak telat. Kebiasan-kebiasan kecil ini secara tidak sadar akan berdampak besar di kemudian hari dan sangat bermanfaat bagi proses pendewasaan dan tumbuh kembang anak.

Berikan Kelayakan Penunjang Lain

Makanan yang kaya akan nutrisi tepat dan bergizi tinggi juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Selain hal itu asupan gizi yang bagus dapat memberikan anak moms dalam kondisi tubuh yang sehat dan kuat. Selain asupan makanan yang baik bagi buah hati moms, Moms juga diharapkan dapat memberikan support berupa kelayakan-kelayakan teknis seperti memberikan dan mengikutsertakan anak moms pada les privat. 

Selain mendaftarkannya ke les privat atau bimbel akademik, moms dapat mengasah keahlian khususnya dengan mendaftarkannya pada les-les di luar dunia akademis. Namun, perlu diingat dan pertimbangkan pula minat dan bakat yang dimiliki anak. Jika terlalu memaksakan kehendak, hal ini akan mengakibatkan anak menjadi tertekan dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk sekedar bermain.

4 cara mendidik anak supaya pintar di atas merupakan langkah-langkah dasar untuk mendukung anak supaya rajin belajar. Dengan belajar, tak hanya pintar, nilai pun akan bagus.

Leave a Comment

%d bloggers like this: