Sukses mendidik anak menjadi pribadi yang sholeh adalah impian setiap orangtua. Anak adalah amanah yang diberikan Allah pada orangtua yang harus dijaga dan dididik dengan baik. Tidak heran bila banyak orangtua yang menerapkan cara mendidik anak sholeh sejak dini dengan harapan anak bisa menjadi seorang yang sholeh dan pribadi yang baik. Dengan karakter anak yang berbeda-beda, cara mendidik dalam Islam bisa saja berbeda antara satu anak dengan yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara mendidik anak sholeh sejak dini yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Ini Cara Mendidik Anak Supaya Pintar dan Penurut Tanpa Kekerasan

Cara mendidik anak sholeh sejak dini dengan berlaku adil

Salah satu pondasi penting dalam mendidik anak sholeh sejak dini adalah dengan berlaku adil dan tidak membeda-bedakan. Orangtua tidak boleh memberikan perlakuan yang berbeda antara anak satu dan lainnya baik berdasarkan jenis kelamin, usia, atau bakatnya. Hal ini karena setiap anak sudah mempunyai keistimewaan dan rezeki masing-masing. Dengan berlaku adil, anak bisa bersikap lebih positif dan tidak iri dengan saudara-saudaranya. 

Mengenalkan anak dengan Allah sebagai cara mendidik anak sholeh sejak dini

Mengenalkan anak dengan Tuhan adalah salah satu hal yang paling penting dalam mendidik anak sholeh. Sejak kecil anak sudah harus diajarkan tentang tauhid, ibadah, dan sebagainya. Orang tua bisa mengajarkan syahadat pada anak, mengajak anak sholat, mengaji, dan juga mengajak anak untuk hadir dalam majelis. Biasakan anak untuk mengenal masjid sehingga ia akan paham dengan agama dan menjadi pribadi yang sholeh. 

Bangun komunikasi dengan anak 

Cara mendidik anak sholeh sejak dini
Cara mendidik anak sholeh sejak dini

Salah satu cara orangtua untuk menghargai anak adalah dengan mendengarkan pendapat anak. Orangtua bisa membangun komunikasi dengan anak. Bila anak merasa dekat dengan orangtua, mereka bisa lebih terbuka dalam menyampaikan pendapat. Anak juga bisa menceritakan masalah mereka terhadap orangtua. Bahkan bila anak sedang tidak ada masalah, orangtua bisa menggunakan kesempatan ini untuk berdiskusi dengan anak tentang hal-hal lain sehingga mereka bisa merasa dihargai. 

BACA JUGA: 3 Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam Mengikuti Cara Rasulullah

Memperhatikan pendidikan anak

Melalui pendidikan karakter anak akan terbentuk. Sehingga orang tua harus memperhatikan dengan baik pendidikan anak. Moms bisa memilih pendidikan islami agar anak menjadi pribadi yang sholeh. Selain pendidikan formal, Moms juga bisa memberikan pendidikan non-formal seperti belajar mengaji atau mengikuti pondok Islami untuk anak. 

Mengajarkan anak menutup aurat

Baik anak laki-laki dan perempuan mempunyai aurat yang harus selalu ditutup. Ajarkan mengapa anak harus selalu menutup aurat sejak dini serta bagaimana caranya. Dengan cara ini mereka akan terbiasa untuk selalu menutup aurat hingga dewasa. Berikan juga pengertian mengapa aurat harus ditutup dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. 

Selalu mendoakan anak 

Doa orangtua pada anak adalah doa yang mustajab. Bila moms sudah melakukan semua hal untuk membantu anak menjadi pribadi yang sholeh, yang tidak boleh dilupakan adalah doa pada anak. Selalu doakan anak agar menjadi pribadi yang sholeh dan selalu diberikan kemudahan disetiap langkahnya. 

Cara mendidik anak sejak dini memang harus dimulai dari hal sederhana seperti mengajak sholat, mengaji, dan sebagainya. Lakukan hal Islami sejak dini agar menjadi kebiasaan bagi anak. Jangan lupa selalu doakan anak agar langkah mereka selalu dimudahkan dan menjadi pribadi yang sholeh.

Leave a Comment

%d bloggers like this: