Moms, menjadi umat muslim tentu saja disunahkan untuk mengikuti ajaran Rasulullah dengan menikah dan memiliki keturunan. Namun, apakah dengan menikah dan memiliki keturunan semuanya sudah cukup? Tentu tidak, karena tantangan yang sebenarnya baru saja dimulai.

Tugas dari orang tua adalah selain memberi nama pada anak, orang tua wajib mendidik anak apalagi untuk kaum muslim, cara mendidik anak secara islami harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut HalloMoms.com merangkumkan 3 tips yang insya Allah mempermudah dan memberikan informasi yang membantu untuk mendidik buah hati tercinta. 

Selalu Beritahu dan Ingatkan Anak tentang Rukun Islam

Cara Mendidik Anak Secara Islami
Cara Mendidik Anak Secara Islami

Rukun Islam ada 5 dan kelima rukun tersebut wajib dihafal sejak kecil untuk para kaum muslim. Namun, untuk anak-anak, tak jarang mereka masih kesulitan untuk menghafal secara urut dalam urutan rukun yang benar. Sebagai langkah pertama cara mendidik anak secara islami Moms harus mengajarkan kepada anak dan selalu mengingatkan bahwa rukun Islam itu ada 5.

Jika anak Moms termasuk anak yang cerdas, kritis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mungkin mereka akan menanyakan kenapa rukun Islam pertama harus syahadat dan yang terakhir adalah naik haji jika mampu? Moms bisa menjelaskan alasannya secara logis namun dengan penyampaian yang ringan dan mudah ditangkap oleh anak.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Dalam Islam Untuk Pembentukan Kepribadiannya

 Wajib Hukumnya Mengajarkan Gerakan Shalat dan Latih Disiplin Shalat Sejak Dini sebagai Cara Mendidik Anak secara Islami

Ketika anak masih kecil, tentu saja mereka tidak akan tahu bahwa shalat merupakan kewajiban seluruh umat muslim di dunia yang harus dijalankan 5 kali sehari. Maka dari itu, Moms harus sudah menjelaskan sejak mereka masih kecil tentang rukun islam dan shalat yang sebagai ibadah wajib umat Islam. Setelah mereka tahu bahwa shalat hukumnya wajib, Moms bisa mulai mengajarkan gerakan shalat, rukun dan syarat wajibnya serta waktu-waktu shalat yang tidak boleh sampai terlewatkan.

Walaupun sulit untuk mengajak anak disiplin waktu shalat sejak masih sangat kecil, Moms sebagai orang tua harus melakukannya. Banyak orang tua yang berpendapat bahwa mengajarkan anak disiplin dan gerakan shalat merupakan hal tersulit. Hal ini memang betul karena pikiran anak masih belum mengerti apa itu tanggung jawab dan bagaimana dosa yang ditanggung ketika tidak menjalankan ibadah shalat.

Dari sini, Moms bisa menjelaskan ketika anak malas atau hampir melewatkan waktu shalat, Moms bisa mengingatkannya bahwa hal tersebut akan menjadi dosa besar karena melanggar kewajiban yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT.

BACA JUGA: 3 Game Edukasi Anak Huruf Hijaiyah Mudah untuk Balita

Ajari Anak Menghafal Surat Pendek dalam Al-Quran sebagai Cara Mendidik Anak Secara Islami yang Paling Wajib

Bagaimana bisa anak hanya shalat tanpa membaca surat pendek atau menghafalnya terlebih dahulu? Padahal membaca surat pendek juga termasuk rukun shalat. Mengajari anak menghafal surat pendek wajib hukumnya untuk dilaksanakan.

Untuk mengajari buah hati, Moms bisa memulai dengan surat-surat pendek yang ada di juz 30 dalam kitab suci Al-Quran. Namun, yang paling penting, boimbing anak-anak untuk menghafalkan Al-Fatihah terlebih dahulu sebagai syarat wajib sahnya shalat. Trik yang bisa Moms lakukan agar anak cepat hafal surat-surat pendek, Moms dapat mengecek hafalannya setiap seminggu dua kali atau seminggu sekali.

Leave a Comment

%d bloggers like this: