Pada dasarnya memiliki anak laki-laki maupun perempuan itu sama saja, semuanya merupakan karunia tuhan yang patut disyukuri. Ketika Moms dikaruniai anak perempuan maka terdapat tips khusus yang harus diterapkan dalam mendidik anak perempuan, khususnya pada saat ia sebelum menginjak remaja. Saat memasuki usia 7 tahun, keterampilan motorik dan keseimbangan anak telah meningkat.  Untuk itu Moms perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak perempuan usia 7 tahun, agar anak tumbuh dengan memiliki karakter yang baik. Berikut beberapa hal yang dapat Moms lakukan.

Membiasakannya Melakukan Pekerjaan Rumah

Ketika anak perempuan kelak menjadi dewasa, ia akan terbiasa dengan rutinitas dalam mengerjakan berbagai macam pekerjaan rumah. Untuk itu sebaiknya Moms tanamkan kebiasaan itu pada si kecil saat usianya sebelum menginjak remaja. Tujuannya tentu agar si kecil terbiasa serta menambah keterampilannya dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Ketika si kecil sudah menginjak usia 7 tahun, maka sebaiknya Moms tidak lagi membantunya membereskan tempat tidur setiap pagi. Biarkan si kecil melakukan itu sehingga ia merasa memiliki tanggung jawab untuk merapikannya setiap pagi.

Moms juga bisa mengajak anak untuk melihat dan membantu kegiatan memasak, sehingga anak akan belajar dari apa yang Moms lakukan. Kebiasaan-Kebiasaan tersebut akan melekat diingatannya sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dengan segudang kemampuan.

BACA JUGA: Murah Meriah! Ide DIY Mainan Anak dari Barang Bekas

Mengajarkan Tentang Pergaulan

Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 7 Tahun
Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 7 Tahun

Cara bergaul antara anak perempuan dengan anak perempuan lain dan antara anak perempuan dan anak laki-laki tentu akan berbeda. Untuk itu Moms perlu memberinya pengertian bagaimana anak perempuan dalam bergaul, agar anak tidak terjerumus pada pergaulan yang salah.

Mengetahui dan memahami bagaimana cara bergaul yang baik akan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri anak.  Selain itu si kecil juga akan mengerti bagaimana kewajibannya sebagai anak perempuan dalam bergaul dengan lingkungan sekitarnya.

Menanamkan Rasa Cinta Kasih Agar Anak Memiliki Pribadi yang Lemah Lembut

Berbeda dengan laki-laki, perempuan memang identik dengan hal-hal yang cenderung lebih lembut dan lebih perasa. Agar kelak anak perempuan tumbuh menjadi pribadi yang lemah lembut maka Moms perlu mengajarkannya rasa cinta kasih untuk merangsang perasaannya menyayangi sesama atau orang sekitarnya.

Salah satu cara paling sederhana dan disukai oleh anak, Mos bisa menggunakan boneka sebagai media  pembelajaran. Ajarkan anak untuk berperan sebagai ibu, dengan demikian si kecil akan mengetahui bagaimana caranya memberikan kasih sayang kepada lingkungan sekitarnya.

Terlebih lagi memang anak perempuan kelak akan menjadi seorang ibu, dan sama seperti Moms ia pun nantinya memiliki tanggung jawab untuk mengajari anak-anaknya. Untuk itu menanamkan rasa kasih sayang sejak kecil akan membantunya dalam membentuk karakter yang baik.

BACA JUGA: Jangan Sepelekan, Ini 7 Gejala Difteri Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Ajarkan untuk Tidak Melakukan Kekerasan

Agar anak perempuan Moms tidak tumbuh menjadi anak yang keras dan kasar, maka berilah pengertian untuk menghindari perilaku-perilaku yang mengarahkan pada karakter tersebut. Cara paling baik untuk memberitahu anak agar tidak melakukan kekerasan adalah dengan memberinya contoh yang baik.

Apabila orang tua atau lingkungan sekitarnya biasa melakukan tindakan kekerasan, maka anak pun akan meniru hal tersebut. Maka sebaiknya orang tua memberikan contoh bagaimana bersikap yang baik serta lemah lembut.

Karakter yang keras yang tumbuh pada anak perempuan akan terbawa hingga dewasa nanti, sehingga ketika kelak ia menjadi seorang ibu maka kebiasaan tersebut akan diturunkannya lagi. Jadi untuk menghindarinya, lebih baik Moms memulainya dengan menjauhkan anak dari perilaku tindakan kekerasan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: