Memiliki anak perempuan ataupun laki-laki sebenarnya tidak ada perbedaannya satu sama lain. Namun, dalam pandangan islam, mendidik anak perempuan harus lebih ketat dan lebih dijaga daripada anak laki-laki. Hal ini dikarenakan, ketika anak perempuan moms dewasa nantinya, mereka harus menutup aurat mereka seperti yang diperintahkan oleh Allah SWT. Berikut Halomoms.id memiliki 3 cara mendidik anak perempuan menurut islam yang mengikuti cara Rasulullah dahulu.

BACA JUGA: Sudah Tahu Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam yang Baik?

Mengajarkan untuk Menutup Aurat Sejak Kecil

Sama seperti yang dilakukan Rasulullah kepada putrinya, moms harus tahu bahwa menutup aurat adalah salah satu kewajiban seorang Muslimah. Jika moms mempunyai anak perempuan di rumah., ajarkan pada anak perempuan moms sejak kecil untuk menutup auratnya. Walaupun menanamkan kedisiplinan ini sangat berat, namun pelan-pelan dengan penuh kasih sayang, nasihatilah anak perempuan moms untuk menutup auratnya.

Awalnya, mungkin mereka akan merasa gerah, tidak nyaman dan bahkan menangis karena rasa tidak nyaman memakai jilbab terlalu lama. Untuk mengakalinya, moms bisa menyarankan kepada anak perempuan moms untuk tetap memakai jilbab namun boleh melepaskannya ketika nanti sudah gerah atau merasa tidak nyaman, jika mereka memang masih kecil. Tegaskan pada anak perempuan moms ketika rasa gerah yang dirasakan sudah hilang, ajak anak perempuan anda untuk memakai jilbabnya kembali dan menutup auratnya.

Ajari Anak Berakhlak Sopan

Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam
Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Allah SWT memberi perintah kepada para manusia untuk berbakti dan berakhlak baik kepada kedua orang tua.  Seperti yang tertulis dalam QS. Al-Furqan ayat 63: “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.”

Dari ayat di atas, bisa moms simpulkan bahwa menjadi manusia berakhlak sopan dan mulia adalah salah satu perintah Allah. Maka dari itu, penting bagi moms untuk mengajarkan anak perempuan moms bagaimana berlaku selayaknya Muslimah yang sopan dan berbakti kepada orang tua. Terus ingatkan mereka akan kekuasaan Allah bahwa Allah melihat apa saja yang mereka lakukan di atas bumi walau ketika orang tua sedang tidak mengawasi. Alhasil, anak perempuan moms akan selalu mengingat Allah dan nasihat orang tua untuk tetap berakhlak sopan.

BACA JUGA: 4 Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 7 Tahun Agar Berkarakter Baik

Mengajarkan Sikap Lemah Lembut 

Dalam Al-Quran, perempuan digambarkan sebagai sosok yang lemah lembut dan merupakan tulang rusuk dari pria. Kepada para moms, dihimbau untuk mengajarkan anak perempuan moms untuk bersikap lemah lembut dan menjaga tutur kata mereka. Seperti yang Rasulullah contohkan kepada umatnya, beliau mengajarkan anak-anak perempuannya untuk bersikap lemah lembut. Cara Rasulullah memperlakukan anak-anak perempuannya pun juga memakai cara yang lemah lembut seperti mengusap kepala anaknya, memanggil nama mereka dengan lembut dan juga tak lupa mendoakan mereka selalu.

Memperlakukan anak perempuan memang harus lembut, tidak seperti memperlakukan anak laki-laki. Bagi moms, contohlah Rasulullah dengan tidak berkata kasar atau memperlakukan anak perempuan moms dengan kasar terutama sampai memaki-maki dan memukulnya. Hal ini hanya akan membuat anak perempuan moms menjadi pribadi yang suka membangkang dan tidak akan mau lagi mendengarkan perkataan serta nasihat-nasihat dari kedua orang tuanya.

3 cara mendidik anak perempuan menurut islam di atas didapatkan dari Rasulullah. Diharapkan dengan adanya tips ini akan mempermudah moms untuk mendidik anak perempuan Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: