Karakteristik anak usia dini pada umur 2-4 tahun adalah bersikap aktif dan senang mengeksplor sekitarnya, sehingga terkesan sulit diatur. Untuk itu penting bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana cara mendidik anak paud yang benar agar tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Meskipun saat ini banyak sekolah PAUD (pendidikan anak usia dini), Moms sebagai orang tua juga harus tetap berperan dalam mendidik si kecil pada usia ini. Berikut terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara Mendidik Anak PAUD dengan Belajar Sambil Bermain

Bermain tentu menjadi salah satu hal yang sangat disukai oleh anak-anak. Namun alangkah lebih baiknya apabila si Kecil diajak bermain sambil belajar, sehingga tidak hanya rasa senang saja yang mereka dapatkan, tetapi juga dapat menambah pengetahuan bahkan kemampuannya.

Metode belajar sambil bermain dianggap cukup efektif karena si kecil tidak akan mudah bosan dengan apa yang sedang ia pelajari. 

Misalnya ketika Moms ingin mengajarkan si kecil untuk membaca maka bisa dilakukan melalui kartu-kartu dengan gambar yang dapat menarik perhatian anak seperti gambar hewan, tumbuh-tumbuhan dan lain-lain. Atau ketika ingin mengajarkan kosakata baru maka Moms bisa melakukannya dengan membacakan buku dongeng pada anak, dengan demikian maka anak tidak akan cepat merasa bosan.

BACA JUGA: 3 Tips Jitu Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Gunakan Kalimat Positif dalam Cara Mendidik Anak Usia Dini

Cara Mendidik Anak Paud Yang Benar
Cara Mendidik Anak Paud Yang Benar

Kalimat yang positif secara tidak langsung akan direspons positif juga oleh anak. Alangkah lebih baiknya jika Moms membiasakan untuk menggunakan kalimat yang menganjurkan bukan kalimat bersifat suruhan. 

Misalnya ketika si kecil ingin membereskan mainannya, Moms bisa mengatakan “Mama akan senang sekali kalo kamu bisa membereskan kembali mainan pada tempatnya” kalimat tersebut memberikan kesan yang lebih positif dibandingkan dengan kalimat suruhan “Ayo bereskan sekarang mainannya!” Tidak hanya kalimat positif, Moms juga harus menyampaikannya dengan intonansi yang lemah lembut.

Hal tersebut juga secara tidak langsung membentuk karakter anak agar tidak memiliki sifat keras dan mudah marah-marah, karena anak akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. 

Mengajarkan Disiplin Merupakan Cara Mendidik Anak Paud yang Benar

Mengajarkan disiplin pada anak memang harus dilakukan sejak dini, agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Moms bisa mengajarkan si kecil untuk displin dari berbagai cara yang sederhana seperti menentukan waktu bermain, waktu tidur, waktu makan pada jam yang sama. Atau Moms juga bisa mengajarkannya dengan mengajak si kecil untuk selalu merapikan sendiri mainannya.

Sebagai orang tua Moms juga harus mengetahui porsi dalam memanjakan anak, alangkah lebih baik jika tidak memberikan apa saja yang diminta oleh anak. Sebaiknya Moms mengetahui kondisi apa saja yang harusnya diberikan, karena ana-anak tentu menginginkan banyak hal sedangkan orang tua mengetahui apa saja yang terbaik untuk anaknya.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Jadi Hafidz Quran yang Berbeda dan Seru

Cara Mendidik Anak Usia Dini dengan Menanamkan Nilai-Nilai Agama.

Pendidikan agama merupakan hal penting dalam membentuk karakter anak. Setiap agama tentu mengajarkan kebaikan, untuk itu dengan memberikan pendidkan agama maka akan membentuk anak memiliki karakter yang baik sesuai dengan pedoman agamanya. Misalnya Moms bisa mengajarkan untuk senantiasa berbagi, menolong orang lain, bersikap ramah dan lain-lain.

Selain itu Moms juga perlu mengajarkan si kecil pentingnya berbuat baik kepada sesama. Bisa dilakukan dengan memberikannya contoh melalui perilaku, sehingga si kecil akan terbiasa dengan hal tersebut.

Menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak sejak dini juga akan menjadi benteng moral bagi anak hingga kelak ia menjadi dewasa. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: