Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, Moms perlu mengetahui cara mendidik anak di Era Digital agar dapat mengawasi anak selama main gadget. Kira-kira apa saja ya caranya? Yuk, kita lihat selengkapnya di bawah ini. 

Anak yang lahir di zaman milenial pasti akan langsung mengenal dunia teknologi. Ya, hal ini dikarenakan sekarang semua aktivitas dilakukan dengan menggunakan gadget. Rasanya akan terasa sulit mengajarkan anak yang lahir di era digital. Maka diperlukan peran orangtua agar si Kecil mampu memanfaatkan teknologi digital dengan bijak. Inilah 5 cara mendidik anak di era digital yang bisa Moms terapkan.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Dalam Islam Untuk Pembentukan Kepribadiannya

Orang Tua Perlu Melek  Teknologi

Moms tidak harus menjadi pakar teknologi untuk bisa mendidik anak di era digital, setidaknya paham tentang dunia teknologi. Hal ini disebabkan karena dunia teknologi semakin maju begitu juga dengan tumbuh kembang anak-anak. Salah satu kunci utama dalam mendidik anak di era digital adalah moms harus terus belajar dan jangan menjadi orang tua yang gagap teknologi. Bila moms tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi maka dikhawatirkan moms tidak bisa mengontrol kendali penggunaan gadget anak. 

Moms Harus Mengawasi Aktivitas Anak

Cara Mendidik Anak di Era Digital
Cara Mendidik Anak di Era Digital

Moms tidak bisa mencegah anak untuk tidak sama sekali menggunakan gadget. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan agar anak tidak kencanduan bermain gadget yaitu dengan membatasi screen time untuk anak. Ini dikhususkan bagi anak yang berada diantara usia 2 hingga 5 tahun. Tidak menutup kemungkinan juga bisa diterapkan di usia atas. 

Moms harus bisa membuat kesepakatan dengan anak kapan saja waktu yang tepat dan berapa lama durasi penggunaan gadget. Selain itu, sedari awal tentukan konten apa saja yang boleh maupun yang tidak boleh diakses. Di YouTube sendiri sudah tersedia fitur parent control yang bisa digunakan untuk mengatur konten apa saja yang akan muncul di halaman utama. 

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Jadi Hafidz Quran yang Berbeda dan Seru

Memberikan Contoh Baik Adalah Cara Mendidik Anak di Era Digital

Anak merupakan peniru yang andal. Setiap perilaku orang tua baik maupun buruk pasti akan otomatis terekam di otak anak dan mulai ditiru. Maka dari itu Moms harus bisa memberikan contoh yang baik ke anak, terutama dalam masalah penggunaan gadget. Buatlah kesepakatan dengan pasangan agar tidak terlalu sering menggunakan gadget di depan anak. Lebih baik habiskan waktu bersama dengan melakukan hal positif lainnya.

Manfaatkan Teknologi untuk Mengembangkan Bakat Anak 

Adanya teknologi sebenarnya bisa Moms manfaatkan untuk mengembangkan bakat anak. Melalui internet dan gadget, proses pembelajaran dan pengembangan bakat menjadi lebih seru dan variatif. Di YouTube ada banyak video tutorial yang bisa dijadikan sebagai tontonan yang inspiratif dan edukatif untuk anak. 

Jangan Lupa  Pendidikan Agama Sejak Dini

Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mengajarkan agama di usia dini. Pendidikan agama yang didapat bisa menjadi kunci utama anak dalam membentengi diri dari pengaruh buruk yang ada di lingkungan sekitar.

Apalagi di era digital ini konten apa saja bisa mudah dengan diakses. Maka sangat penting untuk moms mendampingi setiap langkah anak dan tentu tidak lupa disertai dengan bekal pengetahuan agama yang cukup. 

Itulah beberapa cara mendidik anak di era digital yang bisa Moms terapkan dan paling penting adalah mengajarkan pendidikan agama sebagai pedoman anak dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: