Berdasarkan penelitian, anak yang diberikan stimulasi sejak dalam kandungan kelak mempunyai pendengaran, keterampilan visual, motorik, dan kemampuan bahasa yang lebih baik. Pada masa kehamilan 6 bulan, sel-sel otak bayi sedang berkembang dengan pesat. Ada beberapa cara mendidik anak dalam kandungan yang bisa dilakukan oleh orangtua. Tidak dipungkiri bila orangtua mempunyai peran penting dalam proses tumbuh kembang anak bahkan sejak dalam kandungan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mendidik anak sejak dalam kandungan.

Jaga asupan nutrisi 

Salah satu hal yang paling penting ketika sedang mengandung adalah menjaga asupan nutrisi. Utamakan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, dan C, protein, omega 3, asam folat, dan vitamin lain. Kekurangan nutrisi selama masa kehamilan bisa berdampak buruk pada perkembangan otak anak. Moms bisa mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri agar lebih sehat dan sebisa mungkin hindari junk food dan makanan kemasan. 

BACA JUGA: Makanan Sehat untuk Kehamilan Trimester Pertama Wajib Konsumsi

Hindari stress saat mengandung

Stress yang dialami oleh ibu hamil akan sangat berpengaruh pada perkembangan otak anak. Bila Moms ingin anak yang cerdas, sebisa mungkin hindari stress selama masa kehamilan. Selain mempengaruhi kecerdasan anak, stress juga bisa meningkatkan resiko hipertensi, prematur, dan berat badan bayi rendah. Moms bisa mengatur istirahat yang cukup, rajin olahraga, mengatur pola makan yang sehat. Selain itu yang tidak kalah penting adalah menjauh dari hal-hal atau orang yang bisa membuat anda merasa stress. Dengan begitu, Moms bisa mempunyai pikiran yang lebih tenang selama kehamilan. 

Selalu berkomunikasi dengan bayi

Cara mendidik anak dalam kandungan
Cara mendidik anak dalam kandungan

Bayi dalam rahim Moms tidak diam saja. Ia bisa mendengar dan merasakan, menendang, bahkan menghisap ibu jarinya. Faktanya, pada 10 minggu terakhir masa kehamilan, bayi bisa mendengar suara ibunya. Melakukan komunikasi dengan bayi sejak selama masa kandungan ternyata juga bisa merangsang kecerdasan bayi. Moms bisa mengajak bayi berbicara tentang apa saja.

Selain ibu, ayah juga wajib menjalin komunikasi dengan bayi dalam kandungan. Mengajak bayi berinteraksi dan bermain selama dalam kandungan adalah cara yang efektif dalam merangsang pertumbuhan otak anak. 

Memperdengarkan musik pada bayi

Selain berkomunikasi, memperdengarkan musik pada bayi sejak dalam kandungan juga bisa merangsang kecerdasan anak. Moms bisa memperdengarkan musik klasik atau lagu anak-anak untuk membantu merangsang pertumbuhan otak anak. Selain itu, musik juga membantu menenangkan bayi dan membuat mereka lebih rileks. 

Terapi sentuhan 

Yang tidak kalah penting dari membangu komunikasi dengan bayi adalah memberikan terapi sentuhan. Terapi sentuhan yang dilakukan selama bayi dalam kandungan bisa dilakukan pada masa kehamilan 8 minggu. Moms bisa menepuk atau mengusap lembut dan berirama pada perut. Terapi sentuhan ini membantu membangun kontak batin antara ibu dan bayi. Ketika bayi sudah semakin besar, ia akan bisa merespons sentuhan ibu dengan mendorong kaki atau tangannya.

Moms bisa menerapkan cara mendidik anak dalam kandungan untuk membantu perkembangan anak. Namun, Moms juga harus bijaksana dalam memberikan rangsangan pada bayi dan tidak berlebihan. Moms juga perlu mengasah kepekaan bayi terhadap sesuatu. Sebaiknya lakukan ketika Moms sedang rileks dan janin sedang aktif setidaknya selama 10-15 menit dengan intensitas yang berbeda-beda.

Leave a Comment

%d bloggers like this: