Selain melatih kemandirian, sejak dini menanamkan anak agar rajin belajar juga perlu dilakukan. Usia anak-anak memang tidak jauh-jauh dengan bermain. Namun jangan sampai, hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan hingga anak dewasa. 

Nah, Moms bagaimana menanamkan kebiasaan rajin belajar sejak kecil? Berikut cara mendidik anak agar rajin belajar paling jitu.

Berikan Pengertian Manfaat Belajar pada Anak

Memberikan pengertian mengenai manfaat belajar akan menjadi awal yang baik untuk menanamkan cinta belajar bagi anak. Seperti yang diketahui, anak-anak memang memiliki rasa keingintahuan yang besar. Tidak heran jika anak bertemu dengan sesuatu yang baru, mereka akan langsung menanyakannya pada Moms. 

Hal ini pun berlaku dengan aktivitas baru yang akan mereka lakukan. Terlebih tentang aktivitas yang kurang disukai seperti belajar ini. Anak pasti akan bertanya, mengapa mereka harus belajar? Atau mengapa belajar itu penting? Tugas Moms, menjawab dan memberikan pengertian pada anak. Sehingga anak bisa mengerti manfaat apa yang akan mereka dapat jika melakukan aktivitas belajar tersebut.

Memberikan Waktu Belajar pada Anak

Kebiasaan seringkali memang berawal dari sesuatu yang dilakukan secara terus menerus. Atas dasar ini, kebiasaan bisa menjadi senjata Moms untuk mendidik anak rajin belajar. Logikanya, jika kebiasaan buruk bisa menetap jika anak melakukan hal tersebut berulang-ulang, maka kebiasaan baik pun sama. Kuncinya, Moms harus sedikit tegas memberikan waktu belajar untuk anak.

Ketegasan di sini tentu bukan berarti, Moms harus menggembleng anak untuk terus belajar. Namun agar anak juga tidak tertekan, Moms bisa memilih waktu paling tepat untuk belajar mereka. Caranya, ketahui lebih dulu waktu bermain anak. Berikan pengertian pada mereka mengenai batasan waktu main tersebut. Selanjutnya sedikit demi sedikit, terapkan waktu belajar yang telah ditentukan secara disiplin. Lambat laun, aktivitas ini akan menjadi kebiasaan bagi anak.

Pahami Tipe Belajar Anak

Jika telah menentukan waktu belajar anak, cara mendidik anak agar rajin belajar selanjutnya yaitu pahami tipe belajar anak. Meskipun sering disepelekan, sebenarnya memahami tipe belajar anak sendiri sangat penting. Hal itu karena selain bisa membuat aktivitas belajar lebih efektif, memahami tipe juga akan membuat suasana belajar anak menjadi menyenangkan. 

Mengapa begitu? Jawabannya, karena setiap anak memiliki tipe belajar berbeda-beda. Ada yang lebih mudah paham jika menggunakan tipe belajar diskusi, namun ada pula yang lebih nyaman belajar dengan cara membaca. Dalam hal ini, Moms harus pintar-pintar memahami tipe tersebut. Untuk awal, Moms bisa mencoba menerapkan beragam tipe belajar pada anak. Selanjutnya, pahami diantara tipe belajar yang Anda terapkan, tipe mana yang paling membuat anak bersemangat dan mudah paham.

Sediakan Waktu Diskusi Dengan Anak

Komunikasi merupakan satu hal yang sangat penting dibangun antara orang tua dan anak. Hal itu karena, dari sinilah orang tua bisa menangkap apa yang sebenarnya anak inginkan dalam menjalani semua aktivitasnya. Tidak hanya itu, komunikasi ini juga bisa menjadi bentuk perhatian sehingga anak merasa dipedulikan.

Untuk menerapkan tips anak mau rajin belajar, Moms bisa memulainya dengan melakukan komunikasi-komunikasi ringan. Sebelum masuk ke topik inti, Moms juga bisa memulai pembicaraan dengan topik yang anak sukai. Dengan begitu, pembicaraan akan terasa ringan bagi mereka.

Berikan Reward Atas Perkembangan Anak

Menanamkan kebiasaan baru pada anak tentu membutuhkan proses. Satu dua hari, mungkin belum terlihat. Namun seiring waktu, aktivitas yang awalnya Moms tanamkan akan mulai ditangkap anak menjadi sebuah kebiasaan. Nah, jika hal itu telah terjadi, jangan lupa berikan reward agar anak merasa dihargai dan lebih bersemangat untuk melakukan kebiasaan baik tersebut.

Untuk menerapkan kelima cara mendidik anak agar rajin belajar tersebut tentu bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, pahami dan selalu hargai waktu berproses anak meskipun berlangsung lama.

Leave a Comment

%d bloggers like this: