Menanamkan dasar-dasar mental yang baik pada anak harus dibentuk sejak dini. Sifat-sifat yang baik seperti tidak cengeng, tanggung jawab, mandiri, dan sejenisnya tidak lahir dengan begitu saja melainkan dengan pembentukan dan didikan dari orang tua. Ada banyak cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng seperti berikut ini.

Memberikan kepercayaan pada anak

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan kepercayaan dari orang tua. Meskipun anak bisa saja melakukan sesuatu dengan ceroboh, bila orangtua memberikan kepercayaan sesuai dengan tingkat usianya, anak bisa mengembangkan rasa tanggung jawab dan percaya diri. Misalnya dengan membiarkan anak makan sendiri, anak merasa bila mereka sudah besar dan bisa melakukan kegiatan orang dewasa secara mandiri.

Selain memberikan kepercayaan, Moms juga perlu memberikan pemahaman tentang resiko pada anak. Anak perlu tahu bila mereka melakukan suatu hal akan ada resiko yang dihadapi. Misalnya bila memanjat pohon bisa saja anak terjatuh dan terluka. Dengan memberikan kepercayaan dan pemahaman tentang resiko, anak mampu memutuskan dan melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi. 

BACA JUGA: Ketahui Cara Mendidik Anak yang Baik Tanpa Kekerasan

Berikan contoh yang baik pada anak

Anak-anak pada dasarnya belajar dengan cara meniru apa yang orangtua lakukan. Bila Moms ingin anak yang mandiri dan tidak cengeng, Moms harus menunjukkan sikap yang demikian pada anak. Misalnya bila anak takut pergi ke suatu ruangan di rumah, Moms bisa memberikan contoh bila ruangan tersebut tidak berbahaya. Selalu berikan contoh yang baik termasuk ketika membuat suatu keputusan sehingga anak bisa meniru hal-hal yang baik pula. 

Jangan mudah memukul atau menakut-nakuti anak

Cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng
Cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng

Menjadi orangtua memang tidak mudah. Ada kalanya orang tua merasa sangat jengkel sehingga ingin memukul atau memberikan hukuman fisik pada anak. Namun bila Moms ingin anak yang mandiri dan tidak cengeng, jangan mudah memukul atau memberikan hukuman fisik.

Selama kesalahan yang dibuat anak tidak fatal, usahakan Moms selalu memberikan hukuman sesuai dengan aturan. Anak yang terlalu sering mendapatkan hukuman fisik atau ditakut-takuti akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri dan mungkin juga memendam trauma mendalam yang bisa mempengaruhi masa dewasanya. 

Hindari mengatakan anak tidak bisa 

Salah satu cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri anak. Moms bisa membantu menumbuhkan rasa percaya diri anak dengan menghindari mengatakan anak tidak bisa. Berikan dorongan pada anak dan tunjukkan bahwa orang tua percaya dengan mereka sehingga anak bisa melakukan berbagai hal dengan lebih percaya diri. Selama kegiatan yang dilakukan anak tidak berbahaya atau merugikan, Moms bisa membiarkan mereka untuk bereksplorasi sesuai dengan usianya. 

BACA JUGA: Orang Tua Wajib Tahu Cara Mendidik Anak agar Cerdas

Sesekali biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri

Orang Tua memang selalu mempunyai insting untuk menolong dan melindungi anak dalam keadaan apapun. Namun selalu melindungi anak dalam keadaan apapun nyatanya bisa membuat anak menjadi tidak mandiri dan bergantung dengan orang lain. Dalam hal ini orangtua perlu menahan diri untuk tidak ikut campur dengan masalah anak. Selama anak bisa menangani masalahnya sendiri, orangtua tidak perlu ikut campur. 

Secara umum cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng adalah dengan memberikan kepercayaan dan kebebasan pada anak untuk bereksplorasi. Meskipun begitu orangtua tetap perlu memberikan batasan pada anak agar mereka tidak melakukan hal yang berbahaya dan tetap aman. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: