Moms, butuh rekomendasi mainan yang bikin anak cerdas? Permainan memang selalu identik dengan anak. Karena itu, wajar jika seorang anak selalu menginginkan permainan. Sayangnya, tidak semua permainan bersifat mencerdaskan. Beberapa permainan bahkan bisa memberikan efek buruk terhadap perkembangan diri si kecil. Lebih-lebih jika tidak mendapat pengawasan yang ketat.

Itulah mengapa, Moms perlu selektif memilih permainan untuk anak. Simak yuk, permainan apa saja yang direkomendasikan.

BACA JUGA: Kinetic Motion Play Sand: Mainan Pasir Kinetik untuk Anak

1. Permainan Lego

Lego adalah mainan plastik atau kayu yang berbentuk bongkahan balok atau kubus dan bisa disusun. Cara memainkannya adalah dengan menyusun bongkahan ini menjadi bentuk tertentu. Dari sini lah, anak akan belajar cara memecahkan masalah dan mewujudkan sesuatu.

Dalam permainan tersebut, sesuatu itu adalah membentuk lego sesuai keinginan. Sedang simulasi masalah yang dihadapi adalah bagaimana dia bisa membentuk legonya menjadi seperti keinginannya.

2. Puzzle

Manfaat mainan ini hampir sama dengan lego. Dengan permainan ini, anak akan terpacu untuk bisa mewujudkan sesuatu, serta memecahkan masalah yang dihadapi oleh si kecil.

Permainan puzzle adalah permainan menyusun gambar yang dipotong-potong menjadi bentuk yang tidak beraturan. Moms bisa membeli mainan ini atau bahkan membuatnya sendiri. Caranya mudah saja. Ambil gambar yang menarik, lalu tempelkan pada kardus, dan potong.

Tentu menarik menyusun kembali gambar yang sudah dipotong-potong tersebut menjadi gambar yang utuh. Pastikan jumlah potongannya tidak terlalu banyak untuk level kesulitan yang kecil. Jika si kecil sudah cukup mahir, Moms boleh memperbanyak jumlah potongan untuk membuat permainan semakin menantang. 

BACA JUGA: Apa Saja ya Mainan Anak 1 Tahun?

3. Memburu Harta Karun

Moms tidak membutuhkan gadget untuk memainkan permainan ini. Moms hanya butuh satu barang tertentu dan menyembunyikannya. Berikan clue pada anak. Clue ini yang akan menjadi petunjuk untuk menemukan barang tersebut. 

Dari sini, si kecil akan dilatih khususnya dalam berpikir. Sebab, clue yang diberikan menjadi semacam perangsang terhadap anak untuk menemukan tempat barang disembunyikan. Tetapi mungkin, Moms harus sabar memberikan clue agar anak tetap tertarik untuk bermain permainan ini.

4. Bermain Musik

Salah satu mainan yang bikin anak cerdas adalah alat musik. Alat musik yang digunakan tidak harus alat musik tertentu. Alat musik pukul pun, cukup menarik untuk dimainkan. Meski demikian, sebaiknya jangan membiarkan si kecil bermain dengan asal. Sebaliknya, Moms harus mengarahkan si kecil sesering mungkin saat tengah bermain.

Hal ini perlu Moms lakukan. Pertama, agar Moms tahu bakat anak. Moms bisa melihat hal itu lewat perkembangannya selama bermain musik dari waktu ke waktu. Kedua, untuk memberikan pengetahuan si kecil cara menggunakan alat musik yang benar. 

5. Membaca serta Bernyanyi

Membaca adalah hal penting yang harus dibekalkan untuk si kecil. Karena itu, menjadikan hal ini sebagai sebuah permainan bisa juga Moms lakukan. Caranya, bisa dengan membaca kata tertentu lalu mengucapkannya hingga membentuk lirik lagu. Begitu selesai, Moms bisa menyanyikannya dengan si kecil.

Bukan hanya baik untuk melatih kecerdasan anak dalam membaca. Permainan semacam ini juga akan membuat suasana hati lebih menyenangkan. Terlebih jika Moms bisa menarik perhatian si kecil untuk lebih giat mengeja barisan kata yang sudah Moms persiapkan.

Permainan-permainan yang sudah diulas di atas, boleh Moms praktikkan satu per satu. Dengan begitu, Moms bisa melihat permainan mana yang paling diminati. Jika sudah, tinggal lakukan saja mainan yang bikin anak cerdas itu di lain waktu. Pasti akan menyenangkan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: