Perut kembung pada anak bisa menyebabkan anak menjadi rewel, sulit tidur dan tidak mau makan. Jika hal ini terus berlangsung, bisa-bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius pada anak loh Moms. Tetapi, jika anak mengalami masalah kembung Moms tidak perlu khawatir, ada cara mengatasi kembung pada anak dengan mudah dan efektif.

Penasaran bagaimana cara mengatasi perut kembung yang diderita anak? Moms cukup menyimak informasi di bawah ini ya:

Baca Juga : Kenali Diare Pada Anak: Gejala, Cara Pengobatan dan Pencegahannya

1. Kompres Air Hangat

Pertolongan pertama perut kembung pada anak adalah dengan mengompres perut si kecil dengan air panas suam-suam kuku. Tindakan pertama ini akan membuat anak menjadi lebih nyaman sekaligus secara perlahan mengurangi kembung.

Pastikan ganti air ketika suhu kompres sudah mulai dingin ya Moms. Saat suhu kompres sudah menurun maka efek kompres juga ikut turun. Anak akan kembali rewel dan kembung juga akan semakin lama untuk sembuh.

2. Memijat Perut si Kecil

Cara mengobati perut kembung tradisional atau rumahan selanjutnya adalah dengan memijat perut anak. Pijat secara lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam, pastikan hanya melakukan gerakan pijat ini dengan satu arah saja ya Moms.

Saat memijat  perut anak sebaiknya jangan ditekan karena bisa membuat anak semakin tidak nyaman ya Moms. Gerakan memijat ini efektif untuk membantu mengeluarkan gas dari dalam perut. Jadi tidak masalah jika dilakukan cukup lama dan sambil diberi minyak telon atau minyak kayu putih.

3. Tambah Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih bisa membuat si kecil semakin nyaman Moms. Memang sih tidak langsung mengeluarkan gas di dalam perut. Akan tetapi, mengkonsumsi lebih banyak air putih akan mencegah terjadinya konstipasi.

Secara perlahan, dengan konsumsi air putih yang cukup juga bisa memicu gas untuk keluar lebih cepat. Konsumsi air putih yang lebih banyak ini tidak perlu sekaligus ya Moms, perlahan-lahan saja supaya anak tidak rewel.

4. Hindari Makanan yang menyebabkan Perut Kembung

Jika anak cukup sering kembung, sebelum mencari obat kembung anak di apotik, amati dulu pola makan anak. Siapa tahu selama ini makanan yang dikonsumsi anak kebanyakan memang bahan makanan yang menyebabkan timbulnya gas. Jika begitu, maka wajar saja anak sering mengalami kembung Moms.

Untuk mengatasinya, sebisa mungkin hindari bahan makanan yang menyebabkan kembung. Secara umum bahan makanan yang menyebabkan kembung adalah kubis, kale, brokoli, kacang-kacangan, bawang merah, ubi dan kentang.

5. Tambah Asupan Serat Anak

Bahan makanan yang mengandung serat akan membuat sistem pencernaan lebih bersih. Dengan begini, kemungkinan untuk terjadinya kembung juga semakin kecil loh Moms.

Sayangnya, terkadang anak memang kurang suka makanan berserat yang umumnya terdiri dari sayur-sayuran. Untuk itu tidak ada salahnya jika Moms mencoba resep kreatif untuk menyamarkan sayuran pada masakan sehingga anak mau mengkonsumsinya.

6. Mengunyah Makanan yang Benar

Mengunyah makanan yang benar bukan hanya pelan saja loh. Akan tetapi, sebaiknya makanan dikunyah selama 10 kali terlebih dahulu sebelum menelannya.

Kebiasaan baik untuk mengunyah makanan perlahan selama 10 kali ini bukan hanya bermanfaat bagi mencegah perut kembung saja. Makanan yang dikonsumsi oleh tubuh juga menjadi semakin mudah dicerna sehingga sistem pencernaan tidak akan terganggu.

Dari 6 cara mengatasi perut kembung pada anak di atas, pasti bisa dipraktekan dengan mudah di rumah bukan? Tidak perlu langsung menuju apotik untuk mencari obat kembung, masalah ini masih bisa ditangani secara tradisional di rumah. Selamat mencoba ya Moms, semoga masalah kembung anak bisa segera teratasi.

Leave a Comment

%d bloggers like this: