Mengenalkan buku anak-anak kepada si kecil sejak usia dini memang penting ya Moms. Mereka dapat mulai membentuk kemampuan berbahasa sekaligus mengenal tentang bahasa itu sendiri dengan hanya rajin membaca. Namun, maraknya konten kekerasan dan pornografi yang sering dijumpai dalam buku anak, harus membuat Moms waspada.

Memilih buku bacaan yang berkualitas bagi si kecil itu wajib. Perhatikan juga bahwa buku yang Moms pilih sesuai dengan usia si kecil sehingga dia benar-benar bisa menikmati waktu membacanya. Jenis buku yang dipilih juga harus Moms perhatikan untuk memberi edukasi pada si kecil.

BACA JUGA: Moms, Jenis Olahraga Anak yang Sesuai dengan Usianya

Rekomendasi Jenis Buku Anak-anak

Lalu, jenis buku apa saja yang bisa Moms berikan pada si kecil? Berikut rekomendasi 5 jenis buku anak-anak yang dapat Moms berikan untuk si kecil:

1. Board Book

Buku ini terbuat dari karton tebal dengan tampilan glossy yang membuatnya tahan banting dan awet. Buku anti robek ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat dipegang oleh anak usia 0-3 tahun dengan mudah.

Umumnya buku ini hanya menampilkan satu atau beberapa kata saja di tiap halamannya. Namun, dapat juga berisi kalimat sederhana dan biasanya menampilkan angka 1-10, huruf-huruf alfabet dan warna-warna dasar untuk mengedukasi anak.

Moms dapat dengan mudah mencari buku jenis ini baik secara offline maupun secara online. Buku anak-anak di Gramedia juga dapat Moms jadikan acuan dalam memilih yang paling sesuai untuk si kecil.

2. Cerita Bergambar Anak Paud

Buku jenis ini sesuai untuk anak umur 3-8 tahun ya Moms. Biasanya memiliki gambar-gambar menarik dengan warna terang sehingga membuat si kecil betah berlama-lama membacanya.

Alur ceritanya dibuat sesederhana mungkin agar si kecil dapat memahaminya dengan mudah. Umumnya dengan menyisipkan nilai-nilai kehidupan yang dapat dipelajari, seperti kejujuran, setia kawan, kerja sama, saling menghargai dan lain sebagainya.

Moms dapat mencari dan mengunduh buku cerita bergambar online secara gratis. Pastikan bahwa isi bacaan yang diunduh baik dan berkualitas ya Moms.

3. Buku Cerita Rakyat dan Fabel

Buku yang satu ini berupa cerita rakyat yang sudah diceritakan secara turun temurun oleh para orang tua kita, termasuk di dalamnya cerita tentang fabel atau binatang. Ada kalanya buku ini juga mengandung mitos untuk mengajarkan kepada si kecil mengenai aspek kehidupan yang berbeda-beda.

Pada dasarnya buku ini dipenuhi dengan pesan moral yang ingin disampaikan oleh generasi sebelumnya kepada generasi berikutnya. Tujuannya untuk memperlengkapi generasi muda agar dapat menghadapi dunia dengan cara yang lebih baik.

Ada banyak buku anak-anak murah yang dapat Moms cari dan unduh secara online untuk memenuhi kebutuhan bacaan si kecil.

4. Buku Dongeng

Buku yang biasanya berisi tokoh khayalan dengan cerita yang penuh keajaiban ini umumnya menjadi buku favorit anak-anak. Moms akan menemukan tokoh-tokoh semacam raksasa, kurcaci, putri dan pangeran kerajaan, penyihir, peri-peri cantik dan lain sebagainya.

Cerita yang dihadirkan memberikan penjelasan secara detil mengenai suatu hal yang terjadi di kehidupan nyata agar dapat dipelajari oleh si kecil. Jika Moms ingin mendapatkan banyak referensi buku dongeng, banyak yang menawarkan free download cerita dongeng anak-anak secara online. Moms bisa memilih buku anak-anak Indonesia atau yang berasal dari luar negeri.

5. Activity Book

Jenis buku yang satu ini juga bakal menjadi buku favorit si kecil. Buku ini berisi berbagai macam kegiatan seru seperti mencari perbedaan, menyambung titik menjadi gambar, puzzles dan lain-lain. Kegiatan tersebut tidak hanya merangsang motorik si kecil saja ya Moms, tapi juga meningkatkan daya imajinasi dan daya pikirnya.

Nah, apakah koleksi buku anak-anak di rumah sudah lengkap, Moms? Ayo, lengkapi koleksi buku bacaan si kecil demi proses tumbuh kembangnya. Selamat berburu buku, ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: